Jalan Weetabula selesai dengan lebar 30 meter, jalan Waikelo selesai dengan 20 meter, Jalan Waikelo – Airport Tambolaka selesai 20 meter, Jalan Pantai Newa-Oro-Mananga Aba selesai 10 meter.

Toko – toko besar sudah muncul sepanjang jalan weetabula, Bank BRI, Bank BNI, Bank NTT sudah buka dengan cantik. Rumah makan Valentino ikan segar, Warung Jawa Lamongan, warung sate ayam sebelah Bank NTT enak sekali, Hotel Melati memperbesar dan memperbaiki diri, Hotel Sinar tambolaka dibuka dengan 50 kamar penuh terus.

Di Pantai Mananga Aba, Mario Hotel dan Cafe masih proses pembangunan, Resto Alama Hijau dekat bandara sudah buka, Green Savannah Hotel di jalan Bandara dengan 80 kamar segera dibangun. Peletakan batu pertama oleh Bupati Cornelius 12-12-12.

Sebagian income penduduk mulai menaik, harga tanah menaik sehingga masyarakat menikmati harga menaik itu, dengan peredaran urang menaik di SBD banyak yang sekarang mampu membayar pengeboran air di rumah masing-masing.

Solar Panel listrik 2 Hektar di kodi sudah jadi dan akan ditambah 2 Hektar lagi. Pabrik Gula terbesar di Indonesia sudah invest di Sumba dan 200,ooo hektar tanaman tebu, banyak investor mulai berdatangan.

Airport Tambolaka sudah hampir selesai, letak dan tanah cukup untuk diimpikan menjadi airport International. Saat ini sudah ada 16 flights seminggu dan akan bertambah banyak lagi. Bisa dijadikan Gate Way ke NTT dan Beyond

Yang perlu sekarang masyarakat semuanya mendukung dengan membuat suasana damai, jangan malah membuat keributan dan pertengkaran yang tidak perlu. Semua bersama pemerintah dan pengusaha bekerja bersama semua masyarakat SBD sudah bisa melihat sinar terang kedepan menuju sebuah pembangunan berkesinambungan.

Ayo, siapa mau ikut bersama untuk maju ?

Salam – Aloysius Purwa