Pada tanggal 22 Januari 2013, Beberapa anggota Rotary Club Bali Kuta meresmikan sebuah project air dan sanitasi serta menyerahkan banyak buku buku bacaan untuk SD Mananga Aba di Loura, Sumba Barat Daya.

Kepala sekolah nampak terharu dan menitikkan air mata menerima bantuan ini. Daerah ini memang selalu kering selama berabad-abad, hujan hanya 4 bulan selama setahun selebihnya adalah musim kering.

Untuk membuat sumur dalam 85 meter, masyarakat setempat belum pernah sanggup karena beaya sangat mahal dan mungkin juga karena mereka tidak berpikir ada air banyak dibawah sana.

DGN Hanny Arianto dan PDG Aloysius Purwa mengabiskan seratus juta lebih untuk ngebor dan pasang pompa submersible di Mananga Aba dekat sekolah SD Mananga Aba:

Ternyata yang menikmati air bersih itu bukan saja anak anak sekolah SD Mananga Aba saja, namun Bapak Frans Bulu Lele dan Bapak Stefanus Loba Geli meminta supaya air juga di alirkan di jalanan dan dapat digunakan oleh sekitar 95 keluarga. Nah ini membuktikan bahwa Rotary datang – kehidupan bisa diubah. Hal ini sudah dilakukan juga untuk sekolah SD Kalakambe dan Sekolah SD 2 Bali Loura.

Disamping itu pula dibuatkan bak air penampung dan renovasi wc wc yang ada disana untuk memenuhi standar sanitasi. Bila mereka lebih sehat, maka mereka akan lebih giat bisa belajar, mana tahu kita, mungkin di masa depan ada yang bisa menjadi pemimpin bangsa ini.

Juga diberikan buku buku bacaan sehingga anak anak bisa mengembangkan daya pikir dan daya nalarnya, buku merupakan hal yang masih sangat mahal dan tidak terjangkau di Mananga Aba.

Rotary Club Bali Kuta bersama Rotary clubs lainnya di dunia akan diajak selalu bekerjasama untuk membantu masyarakat di Sumba yang masih sangat banyak memerlukan uluran tangan dibidang air dan sanitasi, pendidikan dasar dan kesehatan dasar. Semoga banyak teman teman yang terketuk hatinya dan ikut berpikir untuk membantu Sumba yang masih sangat ketinggalan.

Tentu saja diharapkan kerjasama dari masyarakat Sumba sendiri untuk ikut membantu diri sendiri untuk menerima idea yang baik dan bantuan yang baik tanpa pamrih ini dengan senang hati tanpa praduga yang ber macam2.

Aloysius